CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Monday, October 18, 2010

Sejak umur brapa ya bayi sdh mulai melihat ???


mananggapi pertanyaan yang dikirim ke inbox saya lagi.... nih dia nih jawabannya... semoga bermanfaat ya...

T : Assalamu'alaikum WR WB...  Bu dr. Yulia.... saya mau tanya, sejak umur berapa bayi sudah mulai melihat, dan kapan mulai bisa kita ajak berkomunikasi, terimakasih buat jawaban Ibu...

J : Wa'laikum salam mbak... terimakasih sudah mau bertanya,,, berikut ini artikel yang saya rangkum dari buku dan beberapa artikel di Internet..... Cekidot ya mbak...

Bayi baru lahir ternyata belum dapat melihat dengan sempurna seperti layaknya kita orang dewasa. Sejalan dengan bertambahnya usia bayi, maka fungsi penglihatannya akan menjadi semakin sempurna.
  • Pada saat baru lahir, biasanya bayi hanya bisa mendeteksi cahaya dan gerakan saja. Pada usia 3 bulan pertama, ia akan mulai bisa mengikuti gerakan Anda atau benda yang lewat di depannya. Bayi juga belajar untuk mengenali warna pada fase ini, jadi mulai kenalkan macam-macam warna pada si kecil.
  • Menginjak usia 4-5 bulan, bayi belajar untuk mengenali ‘kedalaman’ atau volume suatu benda. Proses ini mencakup juga pertumbuhan proses belajar di otak bayi akan benda-benda yang dilihatnya.
  • Pada usia 6-8 bulan, penglihatannya semakin sempurna. Walau bayi biasanya memfokuskan perhatiannya pada benda-benda yang berada di dekatnya, ia juga mulai bisa mendeteksi adanya orang atau benda yang berjarak agak jauh darinya.
Nah, pertumbuhan fungsi penglihatan si bayi tidak berhenti hingga di usia 8 bulan saja. Tapi secara gradual, penglihatannya akan semakin membaik dan menjadi sempurna bahkan hingga usia 6 tahun. Oleh sebab itu, orang tua sangat dianjurkan untuk menstimulasi tumbuh kembang anaknya melalui serangkaian aktivitas (dan permainan) – baik bentuk benda maupun warna – yang diharapkan akan membantu proses belajar si kecil...

nah... mengenai mulai kapan kita dapat berkomunikasi dengan bayi kita, para ahli  menganjurkan orangtua agar mulai mengajak berbicara anak sejak ia lahir dan jangan pernah berhenti. Biasakan untuk selalu mengomentari apa saja yang Anda lakukan terhadap si bayi. Misalnya, saat mengganti popok, memandikan, menyusui, dan sebagainya. Katakan padanya setiap saat tentang apa saja yang Anda lihat di sekeliling Anda, maupun apa yang sedang Anda lakukan untuk diri sendiri seperti membaca atau bahkan memasak.

Menurut William Sears, MD, dan Martha Sears, RN, hasil-hasil penelitian mereka membuktikan bahwa bayi memang mendengar ketika diajak bicara ibunya. Dalam buku mereka The Baby Book, Everything You Need to Know about Your Baby from Birth to Age Two, keduanya menulis bahwa cara ibu berbicara pada bayinya memang lebih menentukan dalam berkomunikasi.
“Karena itu, para ibu tidak perlu cemas tidak akan bisa berkomunikasi dengan anaknya. Biasanya, cara ibu berbicara diperoleh secara alami. Naluri bunda yang akan mengatakan bagaimana seharusnya ia berbicara dengan anaknya, apakah dengan lambat, lalu kemudian berubah menjadi keras, dan semacamnya,”  begitu menurut buku tersebut...

okey... semoga artikel ini bermanfaat ya.... ^_^V



No comments:

Post a Comment